Nasi Ayam Hainan halal ala Nadya yang tinggal di Jerman

Nasi ayam ini gw masak buat ulangtahun ibu mertua gw yang jago akupuntur. Gw bela-belain sebagai special dished dan sebuah alternatif masak masakan asia yang gak pakai pedes supaya keluarga bule-bule gw bisa pada makan.

Emang sih bikinnya ribet banget tapi enaknya gak ketulungan. Sebenernya bahannya simpel sih cuma teknik memasaknya kudu sabar-sabar banget, gw masak ini dari jam 10 sampai 1 siang. Itu juga kaldunya udah dimasak satu hari sebelumnya dan ayamnya udah dikeringkan satu malam. Tapi worth it karena enaaaaaaak sekaleeeeeh~
Bahan Secara umum:
2 liter air
1 bawang bombay besar
1 jempol jahe
2 ruas bawang daun
kecap asin/ shoyu
ayam 1 ekor
labu siam 1 buah, kupas potong dadu besar
kecap ikan
lada putih
gula
garam

1. Buat Kaldu:

- rebus 2 liter air dan bawang bombay, jahe dan bawang daun, tambah shoyu 1 sdm.
- Jika sudah mendidih masukan ayam, kalau gw ayamnya udah dipotong-potong sih, masukan gula 1 sdt, lada putih dan garam
- jika ayam dirasa sudah matang, simmer (pakai api kecil banget) selama 3 jam.
- kalau sudah 3 jam dan jadi cukup lembut, angkat ayam, keringkan dan lap pakai tisu.
- jika kuah kaldu mau disajikan, masukan potongan labu siam, rebus lagi sampai empuk. Kalau ini gak usah lama-lama sik paling cuma 3 menit.

2. Untuk ayam hainan:

- ayam yang sudah dikeringkan lumuri garam di kulit luarnya, jangan terlalu banyak lalu boleh dipanggang lagi pakaii api atas atau langsung dimakan aja

3. Nasi Hainan

- siapkan beras long grain atau di sini beras thailand/ jasmine rice 1/4 kg
- air kaldu ayam (nah gw lupa takarannya, gw masak dikira-kira aja).
- Masak seperti masak nasi seperti biasa bisa di rice cooker atau diaron dan dikukus.

4. Minyak ayam:

- tuang minyak apa aja (gw pakai minyak bunga matahari) masukan kulit ayam, goreng sampai crispy tanda minyak keluar.

5. Saus ayam

- 50 ml minyak ayam tadi
- 50 ml kaldu ayam
- 1 sdm shoyu
- 1 sdm saus tiram
- 1 sdt kecrotan kecap ikan
- 1 sdm minyak wijen
- gula, garam lada buat bumbu secukupnya
- 1 cm jahe, iris
- 1 siung bawang putih, cacah halus
- 1 sdt cuka beras (opsional)
- campur semua, bahan. Udah dah jadi.

Sebagai bonus karena kalian sudah bersabar membaca pos resep masak memasak ini, jengjengjeng resep kreasi Nadya yang kehabisan saus tiram tapi jadinya enak banget gilak~

6. Jamur tumis:

Bahan:
1 box jamur iris kasar
1 buah paprika iris kasar
2 sdm shoyu
lada putih dan garam untuk bumbu secukupnya
1 sdm minyak wijen
1 cm jahe, memarkan
1 ruas bawang putih, geprek
100 ml air kaldu ayam
cara membuat: cemplungin semua bumbu, masukan kaldu, masukan sayuran, tuang shoyu, minyak wijen, bumbui garam, gula, lada.
Beres.

Tuh kan gw bilang apa, ribet banget kan! ini belum pake saus minyak bawang-jahe dan saus cabe pedas. Asli ribet tapi worth it karena orang-orang pada suka sih, super enak dan lezat. Tidak disarankan untuk kamu yang abru belajar masak tapi lumayan buat kamu yang membuat masak sebagai kegiatan yang meditatif dan menyenangkan. Selamat mencoba ya!

Comments

Popular posts from this blog

Buku Membicarakan Feminisme

Pengalaman Pertama ke Pride Cologne 2019

Resep Brownies 3 Mangkok Legendaris Nadyazura (Beserta FAQ membuat Brownies enak)