Buku Membicarakan Feminisme

HALLLLLLOOOOOOW SAUDARA-SAUDARAKU SEBANGSA DAN SETANAH AIR!

Alhamdulilah wa syukurillah telah terbit buku pertama gw berjudul "Membicarakan Feminisme" buku ini isinya kumpulan esai gw dari Magdalene.co, Geotimes, SuaraKita dan Deutsch Welle yang dikurasi dan diedit sehingga jadi ciamik oleh mbak Fitriana dari tim EA Books. Anyway gw mau cerita deh gimana prosesnya sampai gw akhirnya jadi buku.

Jadi pada suatu siang yang tenang, gw orangnya jarang confirm FB tiba-tiba confirm mbak Fitriana dan melihat ada pesan request di FB bahwa penerbit tempat dia bekerja, EA Books, tertarik buat mengurasi dan menerbitkan esai-esai gw. GW SENENG BANGET ANJRIT BUKAN KEPALANG!

Tanpa ba-bi-bu gw bilang iya. Men, waktu itu gw lagi galau-galaunya quarter life crisis alias gw galau abis mau jadi apa di dalam hidup gw. Gw 24 tahun dan gak tahu karier gw mau ke mana. Gw pengen jadi sejarawan feminis tapi kampus yang nerima gw, gw gak ada duit. Kampus yang free dan cocok, kaga nerima gw. Kan serba salah hidup gw. Dan SGRC masih terlalu kecil buat gw bertahan hidup dari sana. Tawaran menerbitkan buku adalah sebuah langkah gw menjadi imortal dan mencapat kedirian gw (tujuan hidup gw kan menelurkan Magnum Opus teori feminis Indonesia macam Julia Suryakusuma dengan Ibuisme Negara).

Gw euforia senang dan gw bilang ke bapak gw. Gw selalu bahagia kalau bokap bilang, "kamu bikin bapak bangga" gw rasanya berhasil jadi anak yang berbakti jadi gw langsung kabarin bokap. Dia senyum dan gw terus kontak-kontakan sama mbak Fitri. Gilak rasanya kaya mimpi coy, gw selalu pikir gw medioker aja gitu tapi kesempatan ini mungkin bisa membuat gw naik kelas sebagi penulis (tentu gw tidak boleh terbuai dan harus terus fokus pada tujuan menulis magnum opus tersebut).

Kami seleksi tulisan, proof reading, menulis ulang beberapa esai, dkk. Ini gak begitu berasa karena pas ngerjain ini tuh gw lagi pusing ngurus kepindahan gw ke Jerman juga. Rasa degdegan gw diserap habis dengan keputusan keluarnya visa nasional yang berbarengan dengan gw beli tiket pesawat ke Jerman saat harga lagi mahal-mahalnya bikin nangis. Gw tetep mengerjakan dengan khidmat dan tidak melupakan kewajiban gw menulis di Magdalene dan meneliti buat mereka.

Semua berjalan halus mulus dan sampai proses proofreading gw jelaskan bahwa gw emang tinggal di Jerman dan akan gimana dong. Mereka bilang itu oke dan kalau gw kembali ke Indonesia akhir tahun ini kami bisa buat seminar bedah buku dan semacamnya. Saat poster pre-order keluar, gw baru kabarin temen-temen SGRC. Mereka suprised banget dan gw emang sengaja kasih tau aja pas jadi mereka karena lebih suprised lagi kalau baca isinya. Betapa kusayang pada mereka.

Anywaaaaaaaaay~ akhirnya setelah perdebatan cover dkk (dalam perdebatan bikin cover aja gw sampe bikin satu esai baru tentang post-kolonialisme) akhirnya buku gw masuk dalam masa pre-order. Kemarin baru saja pre-order selesai dan menunjukan penjualan online yang bagus. Gw sampai gak percaya dengan apa yang terjadi. Awalnya gw gak pernah kepikiran esai gw akan diterbitkan dan gw yang mikir mau nerbitkan sendiri tapi ternyata alhamdulilah dapat tawaran. Dan saking gak percaya dirinya gw pikir gw borong aja yak cetakan pertama pada awal yang banyak supaya jadi best-seller wkwkkw tapi itu tidak perlu karena penjualan oke katanya.

Ya allah kok bisa ya, aku terkaget-kaget.


BUKU ITU TENTANG APOSE


Iya panjang amat intronya, gw lagi senang dan sendirian jadi nulis banyak wkwkw gw kasih hint aja ya, jadi isi buku itu terdiri dari empat babak. Babak pertama adalah perkenalan teori feminisme. Ini kerangka dalam tentang feminisme itu apa yang biasanya dipelajari di kelas-kelas kajian gender. Ini penting karena kita bisa gunakan feminisme sebagai teori, alat analisis ataupun gerakan sosial. Dalam bab satu juga ada tentang sejarah feminisme Indonesia. Apa yang memebedakan gerakan feminis dengan gerakan perempuan dalam rentang waktu Indonesia berdiri sebagai sebuah bangsa. FYI jarang loh feminis sejarawan Indonesia yang bisa memadukan teori feminis dan historiografi Indonesia makannya buku ini bisa jadi penggebrak masuknya feminisme dalam pelajaran sejarah yang lebih luas

Bab kedua dan keempat adalah tentang refleksi gender. Di sini akan ada esai-esai gw sebagai penerapan teori feminis dalam analisa fenomena sosial. Tentang bagaimana teori feminisme digunakan sebagai bagian dari kajian kritis. Seru bingits loh karena bisa lihat bagaimana tentang Islam, negara, putri duyung sampai kuntilanak dikaji

Bab ketiga adalah tentang pemahaman gender, seksualitas dan sedikit Queer Theory. Biasanya, generasi feminis lama belum masukan analissi seksualitas dalam kajian feminismenya. Karena latar belakang gw organisasi SGRC maka gw diberkahi analisis seksualitas dan gw tuang dalam kumpulan esai di bab ini.

Udah deh! Kenapa enggak sistematis satu, dua, tiga dan empat? ehehehe jawabannya kalian akan temukan di buku gw. Makannya beli dong!

Btw, dalam buku ini akan ada banyak terma-terma dan konsep-konsep yang levelnya advance sebab itu buku ini bisa dijadikan bahan rujukan kajian penelitian kalian. Buku ini bukan buku motivasi ya, lebih ke science pop. Bukan sekedar buku non fiksi karena kamu dapat pengetahuan baru nan ilmiah di dalamnya. Kamu bisa belajar soal epistemologi, metodelogi dkk. Kalau kamu pusing dengan buku Stephen Hawking yang Brief History of Time, kemungkinan besar juga akan pusing baca ini. Tapi tenang! pusing adalah indikasi kalau kamu berpikir

Dan membuat kamu berpikir adalah tujuan dicetaknya buku ini. Semoga kita jadi pribadi yang mandiri dan bisa merayakan masa depan yang feminis!

Di mana beli bukunya?
daftarnya ada di sini yaaaa


Jakarta:
- Post Santa: kirim email ke postpasarsanta@gmail.com
- Dema Buku: +62 85881449998

Bekasi:
- Buku Mee: +62 87878237431

Yogyakarta
- Madya Book:  +681215947445
- Mojok Store: +62 87845801366
- Buku Indie: +62 81361955915
- Berdikari: www.berdikaribook.red

Bayuwangi
Silabes: +62 81246651993

Malang:
Griya buku Pelangi Sastra: +62 85855186629

Makassar:
Pojok Buku: +62 895802572164


Pantengin blog gw terus yak karena mungkin gw akan kasih info terkait give away buku atau seminar /bedah buku di sini. Cihuuuy! Jangan lupa beli buku gw yaaaak!

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Pertama ke Pride Cologne 2019

Resep Brownies 3 Mangkok Legendaris Nadyazura (Beserta FAQ membuat Brownies enak)