Kenapa dah bangga jadi bini bule?

 Gw lagi kesel-keselnya, gw kalau kesel sekarang nulis blog aja daripada marah-marah ke temen-temen gw kasihan mereka dikasih energi negatif mulu. Apalagi si Awrel tuh sohib gw yang muda nan polos, suka jadi kelinci percobaan eksperimen masakan gw sekalian gw bacotin tentang dunia yang sedang tidak baik-baik saja. Kalau lu baca ini rel, di rumah gw lagi masak choipan. Sini coy!

Oke jadi gw udha beberapa minggu mendem kekeselan tapi baru sekarang nih gw sempet nulis aja. Gw kecewa banget-banget sama komunitas Indonesia yang ada di Jerman, kota tempat gw tinggal. Gimana enggak karena mereka rasis banget asli. Gw enggak menyangka bahwa gw segitu disedehanakan sebagai sebagai istri dari suami gw, kulit putih yang notabene peneliti dan dosen dari Universitas Bonn.

Ini bukan pertama kalinya sih gw direndahkan sebagai 'konco wiking' dulu waktu gw dan suami (waktu itu masih pacar) bikin penelitian tentang Kuntilanak dan presentasikan hasil penelitian kami di sebuah lembaga peneliian di Jakarta. Eh foundernya cuma ngomong sama si bule doang! kaya gw invisible aja! ih najis gw kaga pernah lagi mau satu project atau main ke tempat penelitian itu karena foundernya, orang Indonesia dan sebenernya satu kampung sama gw, rasis bukan main.

Gw benci banget sama mental orang Indonesia yang selalu berpikir bule, atau peneliti kulit putih lebih tepatnya selalu lebih baik dari kita. I mean, selama ini yang kerja untuk perubahan sosial kan para aktivis, yang kenal medan lapangan juga mereka, yang lobi pemerintah dsb. Tapi giliran ada kulit putih dateng, jreeeeng semua mata dan perhatian langsung ke mereka. Najis.

Suami gw paham banget kalau gw paling benci kalau dilihat sebagai sekedar pasangan dia. Enggak dipungkiri kalau dia udah PhD dan secara gelar dan publikasi ilmiah banyakan dia, tapi dia selalu melihat gw sebagai peneliti mumpuni. Dia memberikan ruang dan tempat buat gw saat dia tau oh topiknya feminisme, oh topiknya anak muda atau perpolitikan di Indonesia, Nadya lebih paham dari aku.

Paling asu saat dua minggu lalu gw diundang ke acara komunitas Indonesia, ngakunya sih acara integrasi. Gw datang sendirian dan saat itu karena suami gw lagi malas. Saat mc mulai perkenalkan seluruh peserta, dia memperkenalkan gw sebagai istri dari DR T.D!!! NAMA GW SAMA SEKALI GAK DISEBUT! ASU! GW MANUSIA PUNYA NAMA WOYYYYYY!!! Gw bener-bener marah sekali saat itu. Ada seorang temen gw yang bawa pasangannya orang kulit putih, dan yang disuruh kenalan cuma pasangannya doang, temen gw diskip aja gitu. Temen gw enggak sadar kalau itu adalah praktik rasisme internal sebelum gw bilang ke dia. 

Gw heran kenapa banyak banget perempuan Indonesia mau kawin sama bule dan bangga banget jadi bini bule. Men, kita harus bangga sebagai diri kita sendiri! 

Sebelum gw pacaran dan nikah sama suami gw, gw adalah Nadya seorang peneliti, penulis dan aktivis feminisme dan gender. Gw selalu seperti itu. Gw menulis buku, jadi sejarawan itu semua karena gw dan untuk gw sendiri. Gw adalah sesuatu, gw bukan jadi sesuatu karena gw nikahin peneliti bule. Ok, to be fair, dengan nama dan karier suami yang melejit duluan, lebih mudah buat gw panjat sosial ke lingkungan akademisi dan kenal banyak orang yang berpengaruh. Tapi pada dasarnya gw tetaplah Nadya yang briliant, yang memang punya bakat berpikir dan menulis.

Gw tahu gw baru pindah ke Jerman dan banyak orang di sini yang belum kenal gw. Gw meninggalkan semua hidup nyaman dan ketenaran gw di bubble Jakarta untuk memulai karier di sini. Gw mau kuliah tinggi-tinggi dan mengubah dunia dengan hasil pikiran gw. Dengan atau tanpa menikahi pasangan gw sekarang, gw akan melakukannya. 

Gw sangat benci karena di mata orang Indonesia di sini, cuma lelaki kulit putih atau orang yang berusia 40++ yang dianggap kredibel. I mean, come on, udah 70 tahun merdeka tapi masih punya mental terjajah. Dengan mental kaya gitu emang deh orang Indonesia enggak akan maju. Look at the system, change it! you are bigger than any institution you came from.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Pertama ke Pride Cologne 2019

Buku Membicarakan Feminisme

Resep Brownies 3 Mangkok Legendaris Nadyazura (Beserta FAQ membuat Brownies enak)