Cerita Tentang Nikahan di Jerman

Wokeeeeh sekarang saatnya berhubung gw belum mandi (karena malas) dan berhutang pada Mpok Pina (https://www.irvinalioni.com) untuk cerita-cerita giaman sih kawinan dan ngadain resepsi di Jerman tuuuuh~

Jadi ya, gw udah pacaran sama si pak dosen ini sejak awal 2016 dan kami memutuskan buat menikah sejak... ya gak beberapa lama dari awal pacaran sih, kami ngerasa klop aja kalau kata hotel Transylvania ada "zing". Jadi kami udah memutuskan buat menikah sejak 2017. Dan ulala buat syarat pernikahan dengan WN Jerman di Jerman itu ribeeetnya bukan main jadi gw gak tulis di sini nanti aja ah buat syarat adminitrasi mah najis dah butuh waktu satu setengah tahun sendiri soalnya persiapannya, belum lagi berantem-berantem ama pihak KUA dan mahalnya nerjemahin dokumen!

eh bentar-bentar pedahal gw bilang tadi deh kalau gw gak mau cerita, ya oke.

Gw memilih untuk nikah dan resepsi di jerman karenaaaa, alasannya lebih ke ideologis gw dan suami sih

1. Gw gak mau diatur oleh hukum yang patriarkis macam UU Perkawinan tahun 74
2. Secara teknis suami gw masih Katolik walaupun kami udah nikah siri secara Islam (ya itu kan buat nyenengin emak gw aja)
3. Biaya respsi di Jerman murah soalnya orang yang diundang sedikit

Jadi setelah gw nikah resmi secara negara nih ya. Oh iya, nikah negara gak pake agama gak kaya nikah di Indonesia yang harus nikah agama dulu baru diakuin pernikahannya oleh negara (mana agama dan negara sama2 patriarkis tidak mau mengakui posisi istri-suami setara, iyuh). Nikah negara di sini tuh khidmat abis, yang dateng cuma keluarga deket kami: ayah dan ibu suami gw, adik ipar, satu penerjemah yang kebetulan teman dekat kami dan dua saksi. Udah gitu doang. Dikit kan? Ijab kabulnya gak pake salaman tapi ngucapin "yes" aja untuk jadi resmi di hadapan penghulu.

/sumpah gw gak mau menikah kalau yang salaman cuma si laki sama bapak gw, gw bilang bokap gw kalau gw gak akan pernah mau menikah seumur hidup kalau ijab kabulnya ke suami doang/

Si penghulunya kasih kata2 tentang pernikahan romantis banget alig. Di sini gw gak pake baju adat yang ribet-rinet itu, suami gw cuma pakai jas formal dan gw pakai dres putih. Di pernikahan Jerman, cuma pengantin perempuan yang boleh pakai baju warna putih wehehehe


itu suami gw dengan adiknya yak.

Kemudian beralihlah kami pada resepsi. Persiapan resepsi cuma satu minggu sih dan gw akan bagi-bagi mulai dari undangan, makanan, dekorasi dan yang terakhir jalannya acara. Kami bikin pesta sendiri, enggak pakai EO dan kami cuma pesan katering. Maklum kelas menengah cyn duit kami gak banyak dan kami juga pikir pesta nikah sebenernya gak penting-penting amat yang penting adalah honeymoonnya dong dan persiapan kedatangan dan menetap di Jerman kan juga enggak murah coy. Pesta kami adalah pesta kebun dan temanya casual. Gw bahan pakai kebaya doang tanpa high heels dan suami gw pakai batik biasa. Enggak couple karena kami gak sempet buat beli baju nikahan wkwkwkkwkw. Pestanya berlangsung dari jam 7 malam sampai 12 malam. Ajegile dah di jam 11 gw udah ngantuk, capek dan overwhelming dengan seluruh manusia yang seharian penuh gw temui.

Anyway langsung cuss gw jelasin soal serba-serbi resepsi murah dan simple ala kami ya~

Undangan: kami ngundang 50 orang dengan prediksi yang datang 70 orang. Ini jumlah tamu yang cukup banyak untuk ukuran orang Jerman, biasanya cuma 30an kayanya. Bedanya lagi kalau diundang pesta di Jerman harus lihat apakah yang diundang cuma kamu doang atau boleh bawa +1 alias satu orang tambahan. Ini beda banget dengan nikahan Indonesia yang kalau diundang satu orang yang datang sekeluarga bisa 3-10 orang coy! Gw udah bilang suami gw tentang kebiasaan ini bahwa gw ngundang beberapa orang teman-teman Indonesia di Jerman dan antisipasi makanan.

Yuhuuu ini adalah dessert corner ala Jerman

Ada nasi tumpeng dan wedding cake


Makanan/Minuman: nah karena kami mix culture maka kami punya nasi tumpeng komplit dan wedding cake untuk seluruh tamu, rendang (makanan kesukaan bule), ketupat, sayur godog, mie goreng semua makanan HALAL yang disajikan ala Reistaffle Indonesia dan dessertnya adalah cake-cake ala Jerman. Kami juga menyediakan minuman jus, kopi dengan mesinnya, air soda, teh daaaan yang penting: Alkohol! ada wine merah-putih yang mahal, Champagne, Rose, Amaretto dan berkerat-kerat bir dengan jenis yang berbeda-beda. BECAUSE THIS IS GERMAN PARTY BABYYYYYYY~ Dasar orang jerman udah biasa minum alkohol jadi pada biasa aja gitu gak minum sampai mabok. Karena ini wedding party kali ya bukan Bachelor party hahahaha

Dekorasi: nah ini yang gw sempet berantem sama suami gw. Jadi, karena kami dapat sewa tempat dan perlengkapan super murah (cuma habis sekitar 300 Euro untuk sewa dkk). Jadi gw udah buat proposal konsep buat design pernikahan berikut menu. Ternyata semua berubah karena gw sebagai pengantin kaga kuat buat ngerjain semuanya hahahahhaaha. Jadilah bagi tugas dengan ibu mertua. Doski yang siapin semua dekorasi dan dessert. Gw fokus pada main course. Semua teman-teman suami juga bahu membahu bantuin dekorasi dan jadinya cantik banget sumpah kaya pakai EO profesional. Ibu mertua gw emang seleranya jagoan. 

Kami beli berbagai bunga mawar (karena gw suka mawar) dan hiasan yang beli di toko alat pesta

semua ini design dari ibu mertuaku

Asli sih cakep banget design ruangannya. Bagian depan kami kasih bambu karena enggak ada janur, ada balon-balon hati dan begitu malam ada lampion dan lilin. Super cantik. Awalnya gw mau kasih aroma pandan tapi gw lupa semua karena sangat sibuk. Najhessss~

Jalannya acara: Nah ini yang bikin resepsi di Jerman beda banget sama resepsi nikah ala Indonesia. Di Indonesia kan pengantinnya dipajang gitu yak disuruh salaman sama orang-orang terus foto. Di sini enggak banget. Gw bebas kocar-kacir ke mana saja. Menyambut tamu, main sama anjing, makan cake banyak-banyak, main sama anak temennya suami yang lucu banget. Dan karena pestanya lama banget, kami juga ada games buat para tamu undangan dan tentunya si penganten yak. Gamenya ada dua, pertama tentang pengetahuan masing-masing dan pembagian rumah tangga yang adil. Seperti tanya siapa yang buang sampah setiap hari, siapa yang suka olahraga, siapa yang atur keuangan, siapa yang selalu bangun lebih pagi begitu. Soalnya di Jerman biasanya sebelum menikah pasangan tinggal bareng dulu buat ngukur kecocokan, kaga ujug-ujug langsung kawin dan kaget dengan semua kewajiban rumahtangga karena tiba-tiba kalian serumah dan jegeeer! kaget karena belum pernah ngurus rumahtangga, tinggal bersama dan enggak tahu cara menghadapi konflik dengan pasangan.


Buat tamu yang datang ada game juga dong, mereka harus ambil potongan puzzle dan menyusunya. Ada juga tentang bikin lukisan dan mewarnai hati dengan cat arkilik bagi para tamu. Seru sih!

Setelah game, kami berdansa. Lagi, karena ini mix-culutre maka narinya juga ala Indonesia dong~ first dance kami adalah jengjengjeng... Joget dangdut! ada mbak Nana biduan Bonn yang suaranya ajegile bagus banget yang bernyanyi. Teman-teman dari Jerman-Indonesia juga pada joget. Setelah itu kami capek dan minum-minum sampai acara selesai.







Ketika selesai party...

Kalian pikir pos ini selesai? tunggu dulu kawan. Setelah pesta usai, keesokan harinya kami masih harus.... BEBENAH!

Ini yang orang jarang tau kalau ke party, real friends adalah orang yang selalu membantu kita untuk bersih-bersih setelah pesta usai. Kami cuci puluhan piring, gelas, buang sampah, megepel, kembalikan barang daaaan segalaaaaa macaaaaaam!

Kebayang gak sih capeknya bukan main saat gw harus nikah, resepsi dan besoknya alih-alih istirahat lu malah bebenah. Huft. Tapi itulah namanya tanggungjawab ya gimana lagi kami kan bukan orang kaya dan cuma modal cinta jadi begitulaaaah~

Udahan ah gw akhirnya setelah nulis pos ini gw mau ada niat mau mandi wekekekke

Comments

Popular posts from this blog

Buku Membicarakan Feminisme

Pengalaman Pertama ke Pride Cologne 2019

Resep Brownies 3 Mangkok Legendaris Nadyazura (Beserta FAQ membuat Brownies enak)