Klepon Cupcake Peralatan Seadanya

Jadi pada suatu siang di musim panas dan gw lagi-lagi belum mandi, gw sedang terpesona sendiri dengan keberhasilan gw memanggang Black Forest Cake dan beberapa barang-barang baking yang baru gw beli dengan hati riang gembira karena menghitung hal tsb sebagai investasi macam: mixer, piping bag, ring, loyang, dst.

Kepikirna lah gw untuk membuat sebuah cake asoy yang pernah gw cicipi waktu kantor Magdalene.co lagi selametan, namanya Klepon Cake. Sumpahlah masya allah itu cake dan buttercream rasanya tidak pernah lekang dari mulut gw, betapa indah dan sempurnanya. Waktu itu si cake bentuknya bundar dengan isian tapioka pearls whipped cream dan kelapa kering sebagai hiasannya. Warnanya hijau pastel dan lembut. Hal yang selalu tertera di kepala gw itu buttercream lembut banget dan rasa-rasanya bukan whipped cream pandan. Mulai lah pencarian gw di mesin pencari untuk mengetahui apakah dan bagaimanakah si Klepon cake ini.

Berhubung peralatan memasak gw terbatas dan gw selalu mencari alasan kumpul-kumpul buat pamer keahlian memasak gw, gw terpikir buat bikin cupcake aja daripada cake karena cupcake lebih mudah dibawa ke mana-mana. Setelah beli beberapa cup cupcake gw dan mengadon dengan riang gembira ternyata si cupcake yang di taro di loyang biasa itu, meleber doooong kaya lemak di perut gw akhir-akhir ini. Sungguh aku merasa nestapa. Gak habis pikir, gw pindahin semua adonan ke tempat semula dan memanggangnya dengan loyang persegi panjang biasa aja dan kemudian gw potong kotak-kotak selayaknya cupcake huhuhu ide ini didapat akibat kebanyakan nonton ig tv masak memasak.

Resep Klepon Cupcake dengan Peralatan Seadanya

Bahan Cake:
-  4 butir telur (gw pakai 5 karena telurnya kecil-kecil)
- 300 gr terigu
- 150 gr butter (Irish Butter, unsalted) suhu ruang yak
- 150 gr gula (gw selalu ngurangin takaran gula, kalau kalian suka manis bisa ditambah aja)
- 100 ml jus pandan (10 lembar daun pandan, blender, peras dan ambil airnya)
- 140 ml santan cair
- 1 sdt esens vanila (kalau gak ada pakai vanili bubuk arificial juga gpp)
- 1 sdt baking powder
- 1 sdt garam
- 50 gr kelapa kering

Bahan unti kelapa:
- 1 keping gula kelapa
- 100 gr kelapa kering
- 1 daun pandan, ikat

Bahan buttercream ala italia
- 80 gr gula, bagi dua tempat jadi 30 gr dan 50gr
- 200gr butter
- 2 putih telur
- 3-4 sdm jus pandan

Peralatan untuk membuat semuanya ala gw:
- loyang kotak 40x20 cm
- baking paper
- pisau biasa aja
- wrapping bag dengan ujung bintang
- mixer
- oven api atas-bawah
- cooling rack/talenan gede

Cara membuat Cake:
- Panaskan oven 160 derajat celcius. Tinggalin. Beralih ke loyang, oles dengan butter atau cooking spray kemudian alasi dengan baking paper. Tinggalin lagi
- Siapkan mangkuk super besar, kocok dengan mikser butter dan gula sampai lembut dan tidak bergerindil, masukan telur satu persatu sampai selesai. Kocok sampai mengembang dan warnanya agak pucat
- Masukan santan cair dan jus pandan, kocok lagi
- Tambah terigu, garam dan baking powder. Gak usah lama-lama kocoknya, masukan kelapa kering, campur semua tuang loyang. Jangan lama-lama ya sis aduk adonan kalau terigu udah masuk, bisi bantet cynnnn~
- Masukan ke oven yang sudah kita abaikan selama mengocok adonan tadi, panggang kira2 30-45 menit, periksa aja kalau wanginya semeriwing, atasnya udah kering dan dicolok oke berarti udah mateng.

Cara membuat unti kelapa:
- sisir gula kelapa, sisir itu maksudnya iris-iris yak. Bukan disisir terus dibedakin, ini kue bukan adek lu abis mandi sore.
- cemplungkan saja itu gula kelapa yang sudah disisir bersama dengan daun pandan yang diikat, air mineral 2 sdm, dan kasih garam sedikit. Tunggu sampai mendidih dan semua meleleh masukan kelapa kering, aduk-aduk.

Cara membuat buttercream ala italia
- panaskan panci isi dengan 50gr gula dan 3 sdm jus pandan, tunggu sampai meleleh semua dan ukur jika panasnya sudah 110 derajat celcius
- sementara itu kocok putih telur dan gula pasir sisanya sampai soft-peak
- panasnya si gula dan soft-peak telur biasanya agak barengan, telurnya duluan sih yang set tunggu sebentar lalu gula mencapai titik 110 (gw ngira2 aja karena air titik didihnya 100 berarti agak lamaan beberapa detik dari mendidihnya air). Kalau udah cukup tuang perlahan si gula panas ke putih telur. Ini buat mencegah salmonela dan memasak si putih telurnya. Kocok terus sampai adem dan gak berasa panas lagi
- Kalau sudah adem nih, masukan buter. Kocok sampai set semuanya.


Cara mengubah cake biasa menjadi cupcake:
Nah di sini adalah challengingnya, mari kita lakukan. Pertama setelah itu cake matang dan diangin-anginkan. Keluarkan dari loyang, cabut baking paper dan taro di atas talenan/cooling rack.

gw marking pakai pisau dulu jadi kotak-kotak macam ini, ukurannya berapa yak mungkin kubus sekitar 5-7 cm. Kemudian dengan si ujung kue semprit atau ujung pipingbag, gw bolongin di tengah-tengah sampai jadi macam begini. Sisa kue yang di bolongin jangan dimakan/dibuang dulu coy nanti dipake lagi.



Selanjutnya isi bolongan itu dengan unti kelapa bisa pakai sendok atau piping bag. Gw saranin pakai ujung sendok aja lebih gampang, gw pake piping bag kelapanya nyangkut.

kaya bee hives ya

Ditutup pakai sisa bolongan tadi

Nah setelah ditutup pakai kain kafan barulah dipotong-potong sesuai marking tadi. Kemudian jauh-jauhin biar udara panasnya cepet keluar. 

Kalau udah adem bisa taro di papercup buat cupcake macam aku punya ini

Setelah di cupcake barulah dituang buttercream dan hias pakai potongan pandan dan sisa unti kelapa. Cantik dan enak banget parah. Resep ini dibuat sebab udah banyak yang minta gw nulis resepnya. Iya serius enak banget. 

Ketika dibelah tengahnya

Anyway kalau bingung ada sisa kuning telur (sisaan buttercram), jus pandan dan santan. Bisa buat pannacota pandan aja cara buatnya adalah: campur semua bahan dan kasih sedikir garam dan 3 sdm gula pasir tentunya. Tuang di ramekin (gw jadi 3 porsi pakai 220ml santan) kemudian panggang dengan teknik au ban marie alias waterbath alias dikasih air di loyang baru tuang ramekinnya.

Pusing ya?
wkwkwkwk

Anyway sini gw kasih lagi fotonya, sumpah the best cake yang pernah gw bikin lah!

Last shooot!




Comments

Popular posts from this blog

Buku Membicarakan Feminisme

Pengalaman Pertama ke Pride Cologne 2019

Resep Brownies 3 Mangkok Legendaris Nadyazura (Beserta FAQ membuat Brownies enak)