Pengalaman Pertama ke Pride Cologne 2019

Gw lagi excited banget karena bisa berolahraga dengan teratur. Sejak kepindahan gw ke Jerman ini gw kan sibuk mengeksplor resep-resep masakan asyique dan menarik tapi gw lupa berolahraga. Waktu kawinan kemarin aja badan gw bengkak banget kebanyakan makan karena gw tipe foodie gitu loh yang seneng eksplor makanan baru dan jadilah gw makan melulu semenjak pindah tapi gak olahrga. Dapat diprediksi dengan mudah badan gw jadi mekar karena naik berat badan. Setelah dua bulan dan menguus semua keperluan administratif untuk menjadi penduduk tetap, maka mulai lah gw daftar segala macam mulai dari membership kolam renang sampai gym premium. Semua semata-mata mengembalikan kebiasaan gw di Indonesia yakni berolahraga secara teratur.

Oke cukup dengan curcol tentang kebiasaan berolahraga yang baru dimulai lagi ya. Jadi kemarin tanggal 7 Juli 2019 itu ada Parade Pride di Cologne, Germany. Cologne itu terkenal sebagai ibukota LGBTIQ di Jerman (alhamdulilah sampai hari ini enggak ada azab) dan pada minggu kemarin mereka buat Parade besar. Satu kota merayakan bulan suci penuh rahmat, pride month. Dan ditutup dengan parade besar-besaran sebagai selebrasi hari raya.

Gw baru tau ada Parade di Cologne pas satu hari sebelumnya. Gw lagi main ke kantor DW Indonesia dan dikabari bahwa besok ada Christoper Day di Cologne. Asli excited banget. Awalnya gw diajak hiking bareng suami dan teman-temannya ke Mossel tapi gw menolak karena lagi mens hari kedua bakalan susah yekan cari toilet di tengah hutan dan nanti memek gw dijilat jin karena bau darah. Sebagai orang indonesia yang takut hantu dan percaya mistis gw menolak ke gunung lah pas lagi menstruasi tapi ajakan Parade hohohoho HARUS DATANG!

Gw muter-muter cari temen di Bonn siapa yang bisa diajak ikut parade tapi gak satu pun yang ada waktu karena mereka kebanyakan bekerja. Gw dapet kenalan orang Indonesia yang juga jadi aktivis di Cologne dan gw kontak aja doski. Sebut saja namanya A ya. Gw seneng banget ya ampun ketemu sesama aktivis gender orang Indonesia di Jerman secara kan ya bisa lenye-lenye dan curhatan bareng. Gw dan A janjian di Haupbanhof Cologne jam 10.

_________________________________________________________________________________

Hari berikutnya gw udah bangun jam 7 pagi coy. Gw masak nasi buat dimakan bareng ayam KFC dan sambal (iya, gw bawa nasi buat makan sama ayam KFC sini mau apa lu). Gw mandi dan dandan. Gw pakai kebaya dan celana pendek berhubung masih summer yekan (summer di sini 20 derajat coy). Setelah ngambek-ngambek manja karena suami gak mau ikut ke Parade kami sepakat suami anter gw sapai stasiun dan beliin tiket berangkat. Kalau uang jajan selama di sana cincay soalnya gw punya tabungan/uang jajan sendiri lah~ eh iya gw juga bawa poster buat nunjukin gw orang Indonesia , selain atribut kebaya gw tentunya.

Di stasiun udah penuh orang dengan bendera pelangi. Ya allah gw mau menitikan air mata rasanya sebab kalau di Jakarta lu kibarin bendera pelangi sembarangan bisa diciduk kan. Semua orang yang mau ke Cologne buat parade saling senyum satu sama lain di stasiun. Inikah rasanya jadi peserta demonstrasi 212 yang saling gak kenal tapi ketemu di KRL??? (Sama-sama demo bawa identitas btw). Gw di kereta sumringah, membayangkan jika teman-teman SGRC gw bisa ikut juga pasti ini jadi hari yang bersejarah buat kami. Gw jadi kangen banget sama sohib-sohib di Jakarta. Sepanjang perjalanan gw chat sama si Fey dia gatau aja gw sambil mewek karena kangen banget




Sampe di stasiun Cologne itu stasiun rameeeeee bangeeeeeet dengan atribut pelangi. Ada yang bawa bendera jadi cap dan segala macam. Ada Tutu pelangi, gelang bahkan pakai make up yang seru banget. Rainbow is in the air. Banyak pasangan gay yang ciuman juga. GILAK GW TERHARU BANGET! Gw ketemu A di stasiun dan kami berbagi sambel dan kulit ayam goreng KFC sebagai tanda persahabatan kita. Oh iya, A ini ornag Indonesia, aktivis juga dan dia ganteng banget asli. Pas awal ngelihat dia gw langsung kedat-kedut. Dia juga dikenal sebagai cowok ganteng dan berprestasi. Gw denger kisah A yang berjuang dalam penerimaan di lingkungannya dan merasa teriris-iris banget. Gw senang dia udah bisa pindah ke Jerman dan hidup bahagia dengan menjadi dirinya sendiri. Dia sekarang juga udah menikah dan tinggal bersama suaminya.

Gw, A dan suaminya keluar stasiun. Mencari spot yang asik buat nonton Parade. Di jadwal parade harusnya mulai jam 11 tapi ternyata ngaret jadi jam 12 (ha! orang Jerman bisa ngaret juga sodara-soadara) Kami rencana mau nerima saweran dulu soalnya. Jadi dalam Parade ini sering ada saweran kaya permen, stiker, gelang, merch lain dan kondom! itu barang dibagi-bagiin aja sepanjang jalan dan kadang-kadang mereka kucurin air atau conveti. Asli seru banget



Parade dibuka dengan seorang dragqueen dengan faboulusnya mengibarkan dress penuh bulukaya burung kasuari mau kawin tapi warnanya emas. Doski berjalan ala catwalk dan di belakangnya ada mobil truck yang diisi kawan-kawan. Di belakang truck ada teman-teman lain yang jalan kaki dan bawa poster. Perasaan gw campur aduk. Gw berharap sahabat-sahabat kesayangan gw ada di sini karena walaupun terlihat fun, sebagai orang yang bergelut dalam advokasi hak-hak LGBTIQ di Indonesia selama ini rasanya khidmat abis. Mata gw berkaca-kaca lihat orang berjalan dan bangga pada identitasnya yang minor. Menggingat betapa besar pejuang aktivis LGBT sebelumnya hingga parade bisa dilakukan di seluruh dunia, argumen-argumen mereka, capeknya mereka, struggle dengan diri sendiri dulu. Saat gw membandingkan parade ini dengan perjuangan teman-teman gw di Indonesia. Pas ada mas-mas bule datang bawa toa sambil teriak-teriak. Gw inget Riska. Sohib gw yang lagi jadi bahan bulan-bulanan bigot konservatif di Medsos karena video orasi dia tersebar. Gw udah gak kuat nahan air mata gw, tangis gw pecah saat itu



Seandainya di Indonesia bisa bikin parade, Riska gak usah takut diancam polisi saat orasi dan dia harusnya malah dilindungi. Si Firman bisa ikutan siram water canon dan convetti dari truk atau Arief Jablay gw bisa ngdrag-Queen campurna robot-burung kasuari dengan bangga. Fey juga pasti gak perlu lagi mikirin ijin dengan ngumpe-ngumpet dengan aparat. Tangis gw gak karu-karuan karena gw inget sahabat-sahabat gw dan perjuangan mereka selama ini. Gw berjanji pada diri sendiri supaya perjuangan temen-temen gw gak akan sia-sia. Gila ini gw ngetik aja sambil becucuran airmata.

Ketika rombongan Queer People of Color ada banyak orang-orang dari negara lain menuntut hak LGBTIQ di negaranya. Gw udah nangis sesnggukan dan dipuk-puk oleh A dan suaminya. Salah satu perempuan dari rombongan Queer People of Color ngelihat gw dan meluk gw, berasa banget dia tau simpati perjuangan aktivis-aktivis LGBT di negara kami. Gw malah tambah mewek karena akhirnya ada yang kawan yang wg gak kenal tapi satu garis perjuangan. Dia kasih kontak organisasinya dna berharap organisasi gw akan hubungi mereka


Truk-truk selanjutnya silih berganti dan gw perhatikan dari 150 truck yang ikut parade, sekitar setengahnya adalah perusahaan! ya! Pride Parade digunakan oleh perusahaan untuk berpomosi produknya. Hal ini terjadi juga di inodnesia tapi perusahaan mengadaptasi gaya hidup islam jadilah Islam-islam masuk budaya populer dan jadi mainstream. Serius dah ini perusahaan dari supermarket sampai penyedia jasa elektronik yang pada promosi. Kalau komunitas-komunitas seperti grup lansia, people of color, trans dan akademik bahkan gw lihat jarang. Ada juga perusahaan yang sewa cheerleader yang semuanya perempuan cantik! Halooooooow dalam gerakan kami mau stop objektifikasi dan idealisir perempuan coooy! mending ada satu trans yang jadi cheerleader atau yang non-white ini gak ada cuma perempuan bule cakep semua jadi cheerleader. Hhhhh dasar kapitalisme doyan amat mendompleng dan pakai kemasan perjuangan.

Tapi ada juga rmbongan dari partai yang support keadilan bagi LGBTIQ. Di sini, partai-partai udah berani ngobrolin hal yang benar-benar jadi masalah seperti HAM dan perubahan iklim. Masalah lingkungan udah jadi topik utama di sini dan bahkan gerakan Queer juga ikut menyuarakannya loh! Kita mah jangankan peduli lingkungan, politik masih sibuk ngurusin agama melulu.


Pada parade univ Cologne ini yang gw ketemu hal yang menarik. Jadi setelah romobongan ke 80 lah kira-kira ada romobongan universitas Cologne. Gw kan baru aja ditolak sama uni ini ya karena mereka gak terima mahasiswa pindah jurusan dan gw ikhlas dengan penolakan tersebut. Eh tanpa disangka ada dua orang yang bisa bahasa Indonesia dan nyapa gw, mereka juga minta gw ikut barisan Parade mereka. Wah terharu dong gw! Gw pun masuk dalam parade dan ikut jalan kaki.

Hal yang keren muncul lagi saat gw dalam parade ini. Gw kan bawa poster ya, nah setiap kali ketemu orang Indonesia kami langsung pelukan dong. Ya ampun seneng banget kiat punya temen seperjuangan dan ketemu di negeri orang. saking terharunya, ada temen yang tanya "kalian saling kenal?" dan kami jawab "enggak pernah" tapi saling senyum dan paham banget betapa terharunya berada dalam garis perjuangan yang sama. Gw langsung tukeran kontak sama beberapa temen-temen Indonesia yang ada di Parade.


Karena gw udah dari pagi dan jalan kaki, gw berasa capek banget. Pas jam 4 sore gw memutuskan untuk pulang aja. Gw pamit ke A dan suaminya dan jalan kaki ke Hbf Cologne. Ternyata dalam jalan pulang ada yang jual bubble tea! aduhai akhirnya aku menemukanmu cintaku bubble tea~ gw minum dengan suka cita walau antriannya mengular kaya beli chat time pas buka puasa (rasanya beda jauh sama chat time, jangan dibandingin). Gw beli tiket pulang dan nunggu kereta. Dan sepanjang perjalann tiap ketemu orang dengan atribut pelangi kami saling senyum dong! Gak terhitung berapa banyak orang yang tanya-tanya dan foto gw dengan poster Indonesia.



Pride pertama ini sangat mengharukan dan gw mau terus berjuang supaya apa yang telah dilakukan oleh teman-teman di Indonesia enggak sia-sia! Ai lop yu teman-temanku! I parade for you!






Comments

  1. Huaaaaaaa you're so coooool!!!

    Pernah mau ikutan pride tapi bimbang setengah mati karena come out as an ace or not? Is that even important? What my poster should say if I'm just an ally? Trus akhirnya cuma ngintip di pojokan dan menyesal berkepanjangan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Buku Membicarakan Feminisme

Resep Brownies 3 Mangkok Legendaris Nadyazura (Beserta FAQ membuat Brownies enak)