Nasi Bakar Kuning Vegetarian

Jadi gaeees kemarin tuh gw dan suami dapat undangan perayaan ulang tahun di kebun dari tetangga. Nah mereka ini pasangan yang vegetarian dan gw sebagai IRT dengan banyak waktu gemes dong mau buat sesuatu yang spesial buat temen-temen maka gw buat lah ini: nasi bakar kuning isi tempe, tongcai dan telur asin buat party. Selera bule banget dan sangat eco-friendly karena semua bahan sisanya bisa jadi kompos. Plusss sangat stuning karena kreatif dan harum. Gw belu daun pisang dari toko asia tenggara cukup mahal cing sih tapi yaudah lah ya. Sisanya telur asin dan tempe juga beli di toko asia tenggara. Semua bahan gw fresh alias gw ngulek sendiri. Buat gw ngulek sendiri lebih berasa aja dan gw punya banyak waktu luang sebagai IRT. Kalau kalian mau buat nasi kuning dan tempenya aja monggo sih ini resepnya yaaak~ Jadi buat 8 bungus nasi bakar loh ini.


Bahan-bahan untuk Nasi kuning:
- 300 gr beras
- 8 cm kunyit, tumbuk
- 8 cm lengkuas, geprek
- 1 daun salam
- 1 sereh ukuran besar, geprek
- 400 ml santan 
- 400 ml air
- garam sejumput

Cara memasak:
- campur semua bahan kecuali air di magic com aja, aduk-aduk secara berkala bisi kering di bagian bawahnya. Kalau udah masuk ke warm tambahkan air. sedikit-sedikit aja ya dan harus terus-terusan di aduk setiap 5 menit sambil di tuang air sampai jadi agak benyek.
- Setelah cukup benyek dan kuning, matikan dan cicipi. Pastikan nasi sudah matang.

Bahan tongcai jamur:
- jamur shitake 200 gr, iris
- garam 50 gr
Cara membuat:
- iris-iris jamur, transfer ke mangkuk dna tuang garam. Remas-remas dan pastikan semua garam menutupi jamur. Diamkan 1-2 jam hingga airnya keluar. Setelah 2 jam, buang air dan peras.

Bahan untuk tempe-kacang:
- 1 papan tempe, iris
- 100 gr kacang tanah berkulit
- 2 lembar daun jeruk
- 5 cm lengkuas, geprek
- 4 siung bawang merah (kalau shallot cukup 1-2 buah aja karena besar)
- 3 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar
- 2 buah cabai merah birds eye (boleh tambah kalau suka pedas)
- 1/2 paprika merah
- 1 tomat
- 2 sd pasta tamarin (atau air asam 150ml)
- 1/2 bongkah gula kelapa
- garam dan gula secukupnya

Cara membuat
- iris bentuk korek pipih is tempe, kemudian goreng sampai garing
- goreng kacang sampai garing juga
- Blender semua bahan kecuali daun jeruk, lengkuas dan gula kelapa
- sisa minyak mengoreng kacang dan tempe tadi, tumis bahan halus. Setelah wangi masukan daun jeruk, lengkuas dan gula kelapa. Tumis sampai air asam menjadi asat atau berkurang. 
- Bumbui dengan gula dan garam. Jika sudah kering dan berminyak, masukan kacang dan tempe yang sudah digoreng.

Nah si tempe, kacang ini kan pasangannya teri yak. Tapi apa daya vegetarian gak boleh makan mahluk hidup. Jadi, tongcai jamur digunakan untuk mengganti teri yang bikin gurih. Setelah tempe-kacang selesai dan sudah cukup dingin, boleh masukan tongcai jamur dan aduk-aduk. Asli dia enak banget loh mirip tempe, kacang teri mustofa gituuuu~

Penyajian nasi bakar:

Siapkan dan pisang yang sudah defroz atau kalau pakai daun pisang yang fresh, bakar atau jemur di terik matahari si daun pisang supaya elastis. Kemudian di lap pakai kain basah dan kering.

Siapkan telur asin, belah dua dan satu nasi bungkus akan dapat setengah telur.



Yah gw kaga bisa bikin tutorial ngebungkus nasi kuning di dalam daun pisang pulak. ah elah, gitu deh pokonya bungkus dan lipet kaya bikin lontong. Sebelum disajikan di bakar dulu. Udahan ah nulisnya,  laper suamik bilang mau traktir makanan turki aye-aye. Selamat mencoba gaeees~



Comments

Popular posts from this blog

Buku Membicarakan Feminisme

Pengalaman Pertama ke Pride Cologne 2019

Resep Brownies 3 Mangkok Legendaris Nadyazura (Beserta FAQ membuat Brownies enak)