Resep Kari Vegetarian

dimakan dengan roti prata beku mamen


Pada hari minggu yang lalu gw dan suamik diundang makan malam oleh sohibnya suamik yang notabene vegetarian. Btw di sini tuh biasa yak diundang makan di rumah. Beda dengan undangan makan ala Indonesia yang macam hajatan di mana kita bis aambil lauk sebanyak mungkin dan ajak orang se-RT. Undangan makan di Jerman berarti si pengundang menyiapkan porsi makanan yang sesuai dengan orang2 yang diundang dan kita harus minta ijin kalau mau bawa orang. Makananya dimasak sesuai porsi dan gak boleh datang terlambat karena makanan biasanya sudah siap sedia di jam yang ditentukan. Nah pada undangan makan malam kali itu si pasangan bule ini membuat masakan Asia, katanya kari, yang menurut gw rasanya aneh banget. Jadi ini kari kacang arab/chikpea/Kirchererbsen yang dimasak dengan santan, selai kacang dan pisang.

Sekali lagi

Kari dengan selai kacang dan pisang

Pisangnya gak tanggung-tanggung, pisang sunprise yang manis

Ketika masakannya disajikan ke piring gw, bentuknya persis kari dengan rasa yang juga kari. Kemudian beliau kasih tau di dalamnya terbuat dari selai kacang dan pisang. Gw mulai ubek-ubek dna bener dong gw ketemu pisang matang yang dipotong menyerong. Kaya lu makan gule dikasih pisang ambon dipotong-potong. Rasanya gimana? aneh, tapi gw makan aja.

Besoknya gw langusung beli kacang arab kalengan, yoghurt dan wortel untuk membuat kari vegetarian yang proper dan ini lah resepnya.

Bahan:
- 1 kaleng kacang arab/chickpeas
- 3 sendok santan kental
- 1 sdm yoghurt (kalau bisa greek yoghurt)
- 1 buah wortel manis, potong dadu (nah kalau mau kasih rasa manis di makanan berkuah, pakai wortel aja yak!)
- 1/2 sdm garam masala
- 1/2 sdm bubuk kari (gw pakai bubuk kari india karena bubuk kari jerman gak enak)
- garam, gula dan penyedap rasa kalau mau buat koreksi
- air 500 ml lah kira2

tengah itu kari Jerman, gw enggak pake cuma buat pamer doang

ini santan kaleng dan kacang arab yang gw pakai


Haluskan:
- 2 cm jahe
- 1 bawang bombay besar
- 4 bawang putih
- 2 cabe cina (atau bisa pakai cabai kering/cabai keriting) btw kalau suka pedas tambah aja

Cara membuat:
- Tumis bumbu halus sampai wangi, masukan bubuk kari dan garam masala
hayok sampai wangi ya ibu-ibu

- masukan wortel yang sudah dipotong dadu
- aduk-aduk hingga tercampur dan wangi, masukan air dan aduk terus
- masukan santal kental dan tunggu hingga mendidih
- tuang kacang arab, karena kacang arab gw in salted water jadi airnya gw buang dan gw tambah garam nanti untuk koreksi rasa
- jika sudah mendidih lagi matikan api dan masukan yoghurt
- tambah garam dan gula, sesuaikan dengan rasa yang kamu mau. Sajikan!

Mudah kan! dan enak membuatnya nomnomnom. Ini contoh kari vegetarian gw yang sudah jadi:
enak dan pas dimakan dengan roti pita


Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Buku Membicarakan Feminisme

Pengalaman Pertama ke Pride Cologne 2019

Resep Brownies 3 Mangkok Legendaris Nadyazura (Beserta FAQ membuat Brownies enak)