Dipaksa Mencintai Jerman dan Pengalaman Belajar Bahasa Jerman

Gw jarang update blog sebab sibuk jadi IRT di Jerman gaes. Hidup gw gitu-gitu aja, relatif mudah ketebak besok mau apa.

Dan sebenernya dengan bersuami dosen Jerman hidup gw relatif enak. Beda dengan beberapa teman-teman gw. Di sini gw enggak perlu bekerja, gw gak punya anak, dapur gw luas dan apa yang gw mau bisa gw afford aja tanpa susah payah seperti tiket nonton konser Rammstein dan Lana Del Rey tahun depan. Dana karena suami gw open minded gw bisa melakukan aa aja yang gw suka seperti pulang malem dan mabok atau beli bahan makanan yang aneh-aneh.

Tapi kan gak asik ya kalau jadi manusia gak mengeluh. Jadi gw ke sini buat pamer sekaligus mengeluh tentang hidup baru gw.

Gw baru menyadari satu hal. Ketika semua orang rasanya senang banget kalau bisa pindah ke Eropa dan memulai hidup baru. Ehbuset sesungguhnya semua itu tidak mudah. Bayangkan gw udah punya karier yang bagus dan cemerlang di indonesia dan semuanya gw berhentikan. Dan bagian paling pahitnya adalah gw memulai belajar bahasa baru yang gw sama sekali gak ada ketertarikan. Sumpah seumur hidup gw sama sekali enggak tertarik dengan Jerman. Halooooow siapa yang tertarik dengan negara yang kalah di Perang Dunia ke-2, bunuh-bunuhin satu ras agama tertentu dan dikenal serius tanpa bercanda? uudah gitu kalau pertama kali denger orang pakai bahasa Jerman rasanya enggak ada bagus-bagusnya itu bahasa kaya orang marah-marah. Kamu bisa terdengar unik dan cute kalau bicara bahsa Jepang tapi dengan bahasa Jerman cuma terdengar seperti orang marah-marah.

Eggak ada satupun kebudayaan Jerman yang gw suka dan dengar kecuali enggak senagaja gw denger Tokio Hotel itu jaman SMA itu juga karena gw mistaken namanya seperti bahasa jepang. Pun, gw mendengar lagi-lagu mereka dalam bahasa Inggris. Sampai datanglah seekor jodoh yang berasal dari Jerman dan gw sebagai orang yang lebih muda dan penghasilan lebih sedikit dari dia memutuskan untuk memulai hidup baru di Jerman saja.

Masalahnya adalah gw enggak tertarik sama Jerman sama sekali. Gw ambil les dan tes bahasa Jerman  dengan level paling rendah aja sebagai syarat. Gw enggak secara serius mempelajari bahasa karena grammarnya susah banget anjir bangsat kesel ada kasus dan ada artikel yang punya gender. Tapi karena gw sudah terlanjur di sini dan sudah sekitar tiga bulan lebih gw enggak ada pilihan lain selain terus berjalan kan. Lgaipula tugas gw cuma satu di sini: belajar bahasa Jerman. Enggak perlu beranak, enggak harus urus rumah semuanya, gak perlu kerja dulu. Belajar bahasa Jerman aja karena itu adalah salah satu syarat bertahan hidup.

Temen gw di les bahasa sini bilang bahwa masalah gw dalam belajar bahasa jerman adalah gw enggak 'mencintai' Jerman.

Dalam hati gw, eh kampret ini orang-orang di kelas udah pada berada di Jerman 1-6 tahun dan gw baru 3 bulan di sini. Tapi temen gw ada benernya sih. Gw harus mencari apa yang bener-bener gw sukai dari Jerman dan mencoba menguliknya. Tebak dong gw milih apa

Rammstein dan Sejarah.

HAHAHAHAHAHA MASKULIN AMAAAT!

Gw tipe orang yang lambat dalam belajar bahasa dan gw harus akui itu tapi gw suka grammatik dan berpikir. Maka jadilah gw hanya ngotak ngatik soal gramatik. Bikin daftar kartu untuk memastikan kasus dan artikel. Gitu deh.

Gw tetep lambat dalam belajar bahasa dan gw eggak ngerti apa yang salah dengan gw. Gw udah coba isntal segala macam game yang bisa bantu gw belajar bahasa dan gw cuma bisa analisis kata tanpa bisa bicara! kesel gak? Gw punya banyak resource pula tapi kenapa ya huhuhu

Dan orang-orang di kelas bahasa dan orang di kehidupan nyata bicara beda banget anjir. Kalau di kelas bahasa guru gw bicara jelas dan lambat. Sedangkan contoh, adik ipar di sebrang kalau ngomong bahasa Jerman cepet banget hanjeng gw sampe bengong dia ngomong apa. gw sebel banget jadinya kaya gw belajar bahasa apan sih lamban banget huhuhuhu

Gw mencoba mengulang lagi pelajaran di Duolingo, gw ambil 3 jam di perpus buat belajar setiap sebelum les dimulai. Gw sangat berusaha namun kenapa kok lambat banget progress gw huhuhu apakah karena gw membandingkan dengan temen-temen gw di kelas yang sudah bertahun-tahun tinggal di Jerman? asli kesel banget. Huuhuhuhu apakah yang ahrus aku lakukaaaan???? mematikan handphone dna fokus belajar? bikin jadwal untuk pegang hp biar gw bisa folus belajar bahasa? ya mungkin itu ide ang bagus. Coba deh!

Comments

Popular posts from this blog

Buku Membicarakan Feminisme

Pengalaman Pertama ke Pride Cologne 2019

Resep Brownies 3 Mangkok Legendaris Nadyazura (Beserta FAQ membuat Brownies enak)