Resep Brownies 3 Mangkok Legendaris Nadyazura (Beserta FAQ membuat Brownies enak)

Akhirnya gw nulis resep ini setelah berkali-kali ditodong temen-temen buat nulis resep brownies yang super enak ala gw itu loh. Brownies ini legendaris karena rasanya luar biasa mantab jaya kaya bakrey Kartika Sari dari Bandung. Tekstur brownies ini renyah di luar dan lembut dan moist di dalam. Temen-temen gw udah berkali-kali recook sampai jualan. Pokoknya brownies gw the best banget dah.

Signature masakan gw adalah slow-cooking. Gw sangat menikmati proses memasak sehingga semua bahan masakan gw ribet dan banyak step. Tapi tidak dengan brownies ini, saking seringnya gw bikin gw sudah mengembangkan metode supaya mudah dibuat ulang sama temen-temen gw nama metodenya adalah 3 mangkok.


Brownies legendaris ala gw

Gimana cara buat dan tips membuat brownies yang mantap harus dibaca dulu disclaimer alias FAQ dari temen-temen gw yang berusaha membuat ulang resep brownies ini

Q: Nad, gimana cara buat brownies yang fudgy yang atasnya shining
A: dengan mengikuti resep gw ini yak, namanya resep tiga mangkok.

Q: Brownies gw kok teksturnya kaya kue bolu yak? kenapa ini Nad?
A: Jangan gunakan mikser untuk kocok adonan, kocok pakai balon whisk dengan tangan.

Q: Kok brownies gw bantet dan gak ngembang, Nad?
A: Jangan overmix alias kalau merasa itu bahan udah kecampur semua lalu terus diaduk. Santai beb, semakin kamu kocok nanti browniesnya kaga ngembang dan bantet beneran

Q: Gimana buat cripy brownies di pinggiran yang mantab kaya punya elu gitu, Nad?
A: selain mengikuti resep dengan seksama, material loyang juga berpengaruh. Gw selalu pakai loyang tembaga/besi gitu deh untuk manggang kue karena gw gak percaya silikon dan loyang bahan ramekin enggak buat crisp semaksimal loyang tembaga.

4. Boleh gak gw ganti coklat blok dengan pasta coklat?
Sebisa mungkin jangan ubah resep demi murah. Buat amatir dan pemula, rasa sama harga makanan itu selalu seirama. Kalau lu pakai coklat bubuk kualitas bagus (macam Van Houten atau Java Chocolate) hasil akhir rasanya juga beda dan sangat mempengaruhi.

Q: Apa sih Nad bedanya coklat bubuk Dutch Process dan Dark Cocoa Powder?
A: Beda di warna dan rasa. Gw sangat selektif milih bubuk coklat karena setiap makanan yang membutuhkan bahan coklat gw akan sebisa mungkin pilih coklat dengan kualitas bagus demi rasa yang juga enak. Coklat bubuk Dutch Proses itu kaya Van Houten atau Dark Cocoa Powder prosesnya enggak ada alkaline sehingga pakai BAKING POWDER. Kalau pakai bubuk coklat biasa yang gak Dutch-process warnanya akan lebih muda dan rasa coklatnya enggak nendang, bubuk coklat ini kasih rasa asam dan lebih cocok pakai pengembang BAKING SODA.

Q: Apa bedanya margarin dan mentega sih Nad?
A: mentega dari susu dan margarin dari minyak kelapa sawit (kebanyakan). Di Jerman lebih murah mentega/butter dan hasil browniesnya lebih soft, kalau pakai margarin hasil browniesnya lebih kering dan crispy


Q: tepung terigu yang harus gw pakai merk apaan neh, Nad?
A: buat resep brownies mah terigu apaan aja. All purpose aja kaya segitiga biru. Protein di terigu dalam resep ini enggak ngaruh amat.

Q. Gw enggak punya almond iris, baiknya diganti apa ya Nad?
A: Di Indonesia almond emang relatif mahal, bisa diganti kenari, chocochip atau plain aja enggak apa-apa

Q: Apakah bentuk loyang pengaruh, Nad?
A: Yoih, tergantung sih kamu mau buat apa. Gw biasanya pakai loyang 25x10 cm yang khusus brownies, hasilnya kotak dan . Di Indonesia loyang brownies ukuran 22x5 cm dan jadi agak tebal ke bawah kaya brownies kukus Amanda gitu. Resep ini juga bisa jadi molten cake kalau kamu pakai loyang muffin alumunium yang bulat dan masaknya sebentar aja sampai tengahnya belum matang. LOL



Resep Brownies 3 Mangkok

Mangkok I (pakai alumunium yak):
- 100 gr coklat blok, iris-iris
- 30 gr mentega/margarin
- 50 ml minyak

Mangkok II:
- 2 butir telur
- 90 gr gula 

Mangkok III:
- 70 gr terigu
- 30 gr coklat bubuk
- 1 sdt vanili ekstrak
- 1 sdt baking powder

Tambahan:
- Almond Slice, biar cantik aja gitu atasnya.

Cara Membuat:
- Panaskan oven 180 derajat celcius dan siapkan loyang brownies, lapisi sisi-sisi loyang dengan margarin kemudian taburi tepung terigu/coklat bubuk
- Siapkan toping almond slice, kalau gak ada juga gak apa-apa
- Siapkan Mangkk 1. Lelehkan semua isi di mangkok 1. Kalau punya microwave mah asik bisa lebih pakai microwave kalau enggak ada pakai teknik Au Bain Marie dengan mendidikan air di panci, kemudian di atas panci yang berisi air mendidih dikasih Mangkok 1. Begini caranya, foto gw nyolong dari internet:

makannya gw saranin mangkok 1 terbuat dari alumunium biar jadi penghantar yang bagus buat lelehin coklat

- Ambil Mangkok II beserta isinya, aduk dengan kocokan telur sampai tercampur, gak masalah kalau gulanya belum halus yak, masukan isi Mangkok II ke dalam Mangkok I
- Siapkan Mangkok III beserta isinya, dengan balon whisk, masukan isi mangkok III ke dalam mangkok I. Aduk sampai rata dan LANGSUNG BERHENTI. Jangan sampai overmix yak, kalau overmix tidak akan ngangkat itu kamu punya adonan.
- Transfer seluruh adonan ke loyang yang sudah dilapis, taburi almond slice, panggang selama 20-30 menit tergantung oven kamu. Kalau gw sih biasanya api atas-bawah 25 menit udah cukup bray.
- Sajikan


Gampang banget asli dan hasilnya enaaaak banget. Sebuah kesempurnaan brownies yang bisa kamu pamerkan kepada yang tersayang atau pada diri kamu sendiri. Habisin aja seloyang tapi hati-hati diabetes!



Comments

Popular posts from this blog

Buku Membicarakan Feminisme

Pengalaman Pertama ke Pride Cologne 2019