Resep Masak Indomie Enak

Gw lagi baca bukunya Jared Diamond yang terbaru judulnya Upheaval. Gw emang koleksi semua buku Jared Diamond dan menjadikan beliau role model dalam menulis sejarah secara pop. Pas Yuval Noah Harari keluar dan meledak di pasar, gw cuma ngeledek sebagaimana intelektual sombong pada umumnya berucap "haloooow kemana aja kalian, mending baca Gun, Germs and Steel". Dari buku Upheaval (dan seluruh buku jared) gw belajar bagaimana evolusi mengubah kultur dan natur. Manusia sebagai bagian dari organisme bumi saling memberi kontribusi perubahan, peradaban dan perubahan biologis saling memengaruhi enggak ada salah satu duluan daripada yang lain karena manusia juga yang menciptakan semua hingga hari ini. Kita pakai baju, kita makan nasi, kita minum ciu, kita nikah dan punya anak. Enggak ada yang asli dan alami di bumi ini semuanya proses yang melibatkan banyak faktor.

Begitu juga dengan preferensi Indomie. Banyak beranggapan bahwa Indomie yang dimasak di warung lebih enak daripada indomie yang dimasak sendiri. Mengapa begitu? padahal setiap pack indomie tentunya diproduksi dalam standar yang sama dan kualitas yang sudah ditentukan. Jadi rasa lebih enak itu datangnya dari mana?

Di sini gw menggunakan cara analisa Jared Diamond terhadap preferensi Indomie sekaligus kasih resepnya. Gw pribadi baru makan indomie atau segala jenis mie instan secara beanr saat pindah ke jerman karena indomie memberikan nostlagia terhadap indonesia. Selama kuliah gw enggak pernah makan mie padahal gw anak kos, di rumah juga gw cenderung diet sehat dan menyeleksi makanan dulu jaman masih kerja di Jakarta.

Setelah di Jerman gw menyadari bahwa gw mulai makan Indomie sebagai coping kerinduan terhadap Indonesia. Setiap gw merebus air dan berpikir apa kreasi yang gw bisa lakukan terhadap indomie yang gw masak, gw berpikir untuk bagaiaman supaya rasa indomie gw bisa lebih enak. Dan prefernsi terhadap kreasi indomie yang enak-atau tidak terlalu enak ala gw baru gw sadari berasal dari pengalaman pribadi gw sendiri. Gw mulai berpikir jangan-jangan jawaban mengapa indomie buatan ornag lain lebih enak bukan karena rasa indomienya (karena mass produk dan kualitasnya sama kan). Tapi karena pengalaman personal yang membentuk rasa enak dan tidak terlalu enak. Sebagaimana Diamond memperlihatkan preferensi pakaian lima lelaki di negara dan kultur yang berbeda. Preferensi (termasuk rasa) dibentuk pertama-tama oleh geografis-kultur, kemudian nasionalisme. Sebuah penjelasan mengapa banyak orang Indonesia suka indomie dan mengapa gw makan indomie, justru setelah di Jerman.

foto nyolong dari internet


Buat gw indomie enggak spesial, dia hanya sebuah makanan yang menyimpan banyak kenangan dalam perjalanan kehidupan. Oleh karena itu resep Indomie enak ala gw disertai dengan alasan mengapa gw pikir resep ini enak. Ada empat jenis indomie yang akan gw bagikan resep enaknya yakni indomie goreng, indomie goreng sate, indomie soto, indomie ayam bawang dan indomie kari. Cekidot

1. Indomie Goreng ala Anna
Anna adalah sahabat gw jaman SMA. Gw bestfriend banget lah sama dia sampai sekarang karena kami sama-sama nerd suka baca buku dan komik. Si Anna ini memegang peran penting dalam kesukaan gw dengan indomie goreng. Buat gw, Anna adalah orang yang masak indomie goreng paling enak seindonesia. Doski sering bawa indomie buatannya jadi bekel sekolah. Gw agak traumatis dengan mie lembek yang atau mie dingin yang bentuknya udah menyerupai kotak bekel itu. Tapi tidak dengan mie goreng Anna, mie gorengnya boleh dingin dan jadi kotak bekel. Tapi dia memasak mie dengan kematangan al dente yang membuat mie menyerap bumbu dengan baik sekaligus tidak cepat lembek dan teksturnya sempurna. Mie goreng ala Anna hanya indomie yang dimasak sesuai dengan petunjuk yang tertera di kemasan belakang bungkus.

2. Indomie Goreng Sate
Gw suka mie goreng sate karena ini adalah rasa indomie favorit nyokap gw. Sayangnya enggak diproduksi lagi padahal enak. Seperti Anna, nyokap sangat simpel kalau masak Indomie ini tanpa tambahan apapun, cukup dimasak persis petunjuk di belakang bungkus. Tapi emang dasarnya varian indomie enak, dimasak konvensional pun tetep enak.

3. Indomie Soto ala Dera
Dera adalah tetangga gw waktu masih kecil. Kami bermain bareng hampir setiap hari. Ibunya gemar karaoke dan gw kenal banyak lagu-lagu tahun 80an dari playlist karaoke keluarganya. Sebelum krismon keluarga kami adalah tipikal keluarga kelas menengah atas bahagia yang tinggal di komplek perumahan baru. Dera sangat suka makanan pedas sampai dia sering kena tipes. Ketika kecil gw enggak suka makanan pedas dan gw baru suka makanan pedas hari ini. Dera pernah ajarin gw masak indomie ala dia dan ini resepnya. Menurut gw, resep Indomie soto Dera adalah yang paling enak karena gw selalu mengenang masa kecil gw.

Bahan:
- indomie soto 1 bungkus
- 5 buah cabe merah kriting
- 1 buah tomat ukuran sedang
- 1 siung bwng putih
- air secukupnya untuk merebus
- batu ulekan buat ngulek
- panci buat merebus

Cara membuat
- siapkan air dan rebus cabai, tomat dan bawang putih sampai air mendidih.
- ketika cabai mulai lunak dan wangi, tomat mulai mengelupas kulitnya dan bawang putih lembek. Sisihkan sayuran tsb dan pindahkan ke mangkok, ulek sayuran tadi dengan ulekan kasar hingga jadi sambal
- dengan air rebusan, rebus mie hingga al dente, transfer ke mangkok yang sudah diisi sambel rebus. Pakai aja air bekas rebusan mie elah, jangan terlalu banjir kemudian tuang bumbu indomie di atasnya


4. Indomie Kari Telor dan Saos ABC
Lagi-lagi Anna yang memengaruhi gw akan preferensi makan Indomie. Jadi waktu SMA gw sama Anna yang gila baca buku komik ini sering mengunjungi Elex Book cafe yang ada di kota bogor untuk baca komik dari pulang sekolah sampai jam 4 sore (biar jam 6 udah di rumah). Biasanya kami pergi hari sabtu/minggu supaya bisa membaca sehari penuh. Dan sebagai anak sekolahan kami tentu miskin dan satu-satunya makanan yang kami bisa afford di kafe komik itu adalah indomie kari. Itu juga cuma sekali makan. Gw inget banget harganya 9rb dengan dua sambal ABC.

Resep:
- 1 bungkus indomie kari ayam
- 1 telur ukuran sedang
- 2 saset saus sambal ABC
- air dan panci untuk merebus

Cara membuat:
- rebus air sampai mendidih kemudian pecahkan telur dan buat poarched egg
- tunggu sekitar 1 menit kemudian masukan mie dan masak hingga al dente
- transfer mie dan kuahnya ke mangkok, berikan bumbu indomie lalu terakhir letakan telur rebus
- sajikan dengan sasu sambal ABC


5. Indomie ayam bawang ala bokap
Ini adalah resep indomie paling ribet dari varian indomie yang rasanya paling sederhana. Bokap gw tuh emang demen masak dan dia sangat super perfeksionis kalau udah urusan resep masakan. Kalau bokap gw mau masak lempah kuning dan enggak ada lengkuas, dia enggak akan masak. Ada satu barang kurang dia lebih milih masak resep yang lain. Bokap gw juga suka sayuran dan sering masukin jenis sayuran ke mie. Untungnya nyokap selalu nyetok sawi atau kol di rumah biar bisa dilalap bokap karena kalau gak makan sayuran rasanya hambar. Kreasi indomie ala bokap adalah  indomie telor dan kol/sawi tapi entah gimana sampai detik ini gw enggak pernah memahami resep cara bokap meracik indomienya dan membuat telurnya. Setiap kali gw re-cook rasanya enggak pernah mendekati buatan bokap walaupun dia udah bilang bahan-bahan dan tahapan masaknya. Emang, beda tangan beda rasa ya


Resep:
- 1 bungkus indomei rasa ayam bawang
- 1 telur
- kol/sawi secukupnya
- 3 cm daun bawang, iris tipis
- 1 sdt kecap manis
- 1 sdt saus sambal

Cara membuat
- rebus air dan jika mendidih masukan sayuran  dan mie
- di mangkuk saji, tuang bumbu mie tambah kecap dan saus sambal
- jika mie di rasa cukup al dente, sisihkan air dan letakan mie dan sayur di mangkok. Buang semua airnya
- rebus kembali air baru hingga mendidih, tuang telur masak hingga kematangan yang diinginkan (bokap gw sering setengah matang)
- matikan api, tuang air rebusan telur ke mangkok mie sebagai kuah.
- Aduk dan tabur irisan bawang daun, sajikan.

Ribet kaaaan! tuh tau deh keribetan gw kalau masak ini nurun dari siapa. Padahal menurut gw rasa ayam bawang adalah rasa paling basic dari mie instan. Ayam bawang itu kaldu loh, kaldu. Mie dengan kaldu ayam. Bokap sering bikin dengan merek Supermie karena biasanya harganya lebih murah daripada Indomie. Ya namanay juga cina, harus irit mamen dan masakannya complicated. Udah ah segitu dulu gw mau lanjut baca. Bye!

Comments

  1. Agreed with aaallll these (the point you made on Jared Diamond!) except that instant noodles is actually a special dish for me. Dari kecil makan mi instan jarang² karna menurut mak makanan yang instan² itu gak sehat, tapi kalau ada spesial moment malah nasaknya mi instan yang semua pada suka. Mak kalau masak mi pake telur yang telurnya bisa nyampur dan rasanya secara ajaib kaya ayam.

    Tapi bersyukur banget karena saya suka mi yang basic rasa kaldu setelah di sini kalau kangen masakan Indonesia cukup beli maruchan yang gampang, selese deh.

    Btw kok bisa sih itu cara masak mi bapaknya seperti cara bapak saya masak. Katanya kuah telur itu biar sedep.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Buku Membicarakan Feminisme

Pengalaman Pertama ke Pride Cologne 2019

Resep Brownies 3 Mangkok Legendaris Nadyazura (Beserta FAQ membuat Brownies enak)