Resep Scones ala Starbuck

Jaman masih jadi anak komuter Depok-Jakarta gw mengadopsi gaya hidup anak komuter kelas menengah pada umumnya: gencet-gencetan di KRL, pakai kartu flash dan minum cappucino diskonan Starbuck Manggarai/Sudirman. Dan pada masa-masa tersebut gw kadang-kadang makan oatmeal scones yang menurut gw rasanya enak. Gw suka tekstur crunchy di luar dan lembut di dalam dari oatmeal. Tidak seperti biskuit/kukis yang crunchy dan manis, scones punya banyak tekstur dan gak terlalu manis. itu yang bikin gw lebih suka scones daripada biskuit/cookies buat nemenin ngeteh atau ngopi. Aduh bule amat gw segala ngopi/teh pakai cemilan manis gituan.

Anyway, setelah berhasil-gagal dalam baking membaking. Gw menemukan resep makanan atau kue2 starbuck kenapa bisa enak dan teksturnya beda karena mereka pakai butter dan buttermilk dalam resepnya. Misalnya scones dan blueberry muffin mereka yang rasanya spesial kan. Sebabnya gw bikin oatmeal scones ini juga pakai buttermilk. Buttermilk adalah susu yang fermented karena ditinggal dalam udara panas dan lembab (gw curigai buttermilk starbck adalah sisa susu yang rusak karena udara makannya jadi buttermilk). Buttermilk punya tekstur asam dan pekat, sebab rasa asamnya kita butuh pengembang seperti soda kue dalam adonan masak kue dengan bahan-bahan yang ada kandungan asam. Misalnya kalau kamu buat chocolate cake dengan buttermilk atau brownies dengan bubuk coklat biasa (bukan yang Dutch cocoa powder) maka kamu butuh soda kue. Gitu deh. Masak sama kaya belajar kimia, asik karena setiap percampuran bahan jadi reaksi tersendiri.

Setelah panjang lebar, ini adalah resep scones ala starbck gw yang fresh dan buah-buahannya bisa diganti apa aja. Gw kadang pakai blueberry atau cranberry kering tapi saat ini gw lagi pakai fresh strawberry. Ini enggak pakai telur ya jadi kalau iseng bisa cowal-cowel adonan tanpa khawatir salmonella.



Bahan kering:
- 1 cup/220 terigu all purpose
- 1 1/2 cup rolled oatmeal
- sejumput garam
- 3 sdm gula pasir putih
- 1/2 sdt bubuk kayu manis/bubuk spekoek
- 1/2 sdt baking soda
- 1/2 sdt baking powder
- 150 butter dingin dari kulkas, potong dadu kecil

Bahan basah
- 1/2 atau 175 cup buttermilk
- 1 cup strawberry segar, potong dadu kecil

Cara membuat:
- siapkan oven 180 derajat C dan baking paper
- Campur semua bahan kering pakai coookie cutter atau garpu sampai tercampur
- Tuang buttermilk perlahan-lahan sambil diaduk. Asal tercampur dan jangan aduk sekuat tenaga nanti adonannya gagal mengembang.
- Masukan buah potong/buah kering, aduk lagi. Asal tercampur aja.
- Cetak. Kalau gw cetak pakai scoop ice cream sehingga jadi mirip cookies. Kalian bisa aja gabung semua jadi satu lalu potong-potong kaya pizza.
- Panggang dalam oven yang sudah panas kira-kira 15 menit sampai berwarna kuning keemasan.
- Sajikan dengan susu atau selai.


Enaaaaaaaaaaaak banget seriusan. Suamik doyan banget (tapi suamik gw emang selalu suka makan sih). Gw dan suamik emang punya high quality on culinary alias milih-milih makanan tapi suamik emang suka scones ini kok. Si kayla bulet juga suka oatmeal cookies blueberry yang gw bawain untuk dia kemarin. Ampun deh itu anak lucu banget!

Comments

Popular posts from this blog

Buku Membicarakan Feminisme

Pengalaman Pertama ke Pride Cologne 2019

Resep Brownies 3 Mangkok Legendaris Nadyazura (Beserta FAQ membuat Brownies enak)