Mulai kerja dan belajar dewasa

S bilang perempuan usia 25 merasa sudah tahu dunia sebenarnya dan menyadari bahwa sebenarnya dia enggak tahu apa-apa. Men, gw pikir gw udah 25 dan menikah berarti gw udah dewasa dan udah bertanggungjawab. Tetapi setelah lewat 6 bulan gw di Jerman gw baru bertemu orang-orang di sini yang seusia gw atau lebih tua. Gw baru memulai pekerjaan gw di sebuah restoran cina di mana pegawai dan boss gw semuanya muda dan asik-asik banget.

Senin-jumat gw lalui dengan belajar bahasa jerman dan bekerja. Gw memang sudah merencanakan untuk bekerja paruh waktu selama belajar bahasa jerman karena gw mau. Gw butuh bergaul dengan orang jerman asli sini dan mengenal mereka kan. Gw juga punya temen penyuka musik metal dan kami ketemu setiap minggu. Setiap hari gw bangun pukul 7, mandi dan bikin sarapan. Pukul 9 gw pergi les dan sepulang les pukul 1 siang gw istirahat 30 menit dan kerja sampai pukul 8 malam. Kalau enggak bekerja gw biasanya pergi ke gym dan itu gw lakukan selang-seling. Capek? banget. Luar biasa capek sekali padahal energi gw saja udah di atas kemampuan manusia pada umumnya.

Karena bekerja ini gw belajar banyak. Tentang kontrak kerja, how to deal dengan boss di kantor, manage waktu, berpikir prioritas, ngegosip sama temen kantor, sistem asuransi dan perpajakan yang perlu gw ketahui. S bilang gw yang awalnya sotoy banget udah tau fondasi kehidupan pas masuk dunia kerja langsung terbengang-bengong ternyata gw gak tau apa-apa. Gw kasih lihat kontrak kerja gw ke suamik dan S dan mereka berdua evaluasi apa yang tertulis. Boss gw suruh gw ambil sertifikasi management restoran dan S bantu gw cari tempatnya dan mencoba daftar. Suamik concern dengan kesehatan karena gw khawatirnya terlalu memporsir diri. Tapi gimana ya, gw suka banget kehidupan bekerja. Rasanya merdeka punya uang sendiri

Untuk jadi fungtional adult ternyata usia 25 aja enggak cukup. Earing my own money, paying rent, paying taxes, writing my wn taxes, bisa bilang "I cannot afford it" ke barang-barang mahal yang bisa gw beli tapi gw mikir-mikir karena gw cari duit sendiri. Bekerja di Jerman bikin gw belajar banget tentang responsible adulthood.

Gw bisa aja nginep setiap weekend di tempat S tapi gw kan punya suami di rumah yang harus diperhatikan juga. Suamik adalah prioritas. Gw bisa aja cancel enggak mau les karena gw kecapean kerja tapi prioritas gw adalah belajar bahasa jerman. Gw udah pilih tempat les paling bagus dan guru yang bagus untuk membimbing bahasa jerman ini. Dan gw harus komitmen. Akhir pekan, sabtu biasanya ada undangan party sama kawan-kawan di kantor atau temennya temen kantor. Asik. Asik sekali. Semuanya mudah dan menyenangkan. Suamik gw sangat terbuka dan perhatian banget.

Setiap kali gw pulang les dan kerja kecapekan dia pijitin kaki gw, kalau gw pulang mabok dan paginya hangover dia bikinin teh dan masak sarapan. Dia enggak marah gw terlalu dekat dengan S. Gilak ini suami idaman baget lah. Dia paham gw amsih terlalu muda buat berkomitmen dan masih mau menikmati masa muda gw dengan punya crush, megejar karier dan mencoba semua peruntungan. Dia sangat mendukung gw. Gw sangat beruntung dan bersyukur banget punya suamik macam Dr. T

Idk, compare to other people gw rasa gw sangat bersyukur. Gw cuma passing by di kota dan pulang2 dapat pekerjaan. Pekerjaan gw di bidang memasak dan management yang gw suka. Boss gw juga baik banget dan bisa gw becandain. Gw dikasih waktu yang flexible untuk bekerja dan gaji gw cukup fair. Akses kesehatan yang baik, gw bahkan baru saja imunisasi HPV gratis di sini karena usia gw pas 25 tahun. Everything so far so good being adult but I do enjoy it. Gw mau berusaha menajdi individu yang mandiri dan bisa hidup sendiri di dunia yang sudah industrialisasi ini. Gw tetap engage dengan aktivisme dan rajin ikut demonstrasi atau menulis buat Magdalene dan DW sebagaimana pekerjaan gw emangnya

tuh kan gw baru inget gw harus kerjain laporan buat SGRC. Yaudah deh gw kerjain dulu. Hari ini pokoknya me time gw mau selesaikan pekerjaan yang harus dikerjakan supaya fokus di kerjaan besok dan Deutsch Kurs!

Comments

Popular posts from this blog

Buku Membicarakan Feminisme

Pengalaman Pertama ke Pride Cologne 2019

Resep Brownies 3 Mangkok Legendaris Nadyazura (Beserta FAQ membuat Brownies enak)